Kamis, 15 Desember 2011

Hubungan Lingkungan Dan Pembangunan


Ilmu dan teknologi selalu berkembang. Banyak diantaranya yang digunakan untuk kesejahteraan manusia. Dengan berkembangnya ilmu dan teknologi juga memberikan kemudahaankemudahaan diantaranya:
1.      Dalam bidang komunikasi : dengan semakin banyaknya orang menggunakan telephone, tv, satelit, computer, semakin cepat informasi dapat diperoleh
2.      Dalam bidang kesehatan : dengan semakin berkembangnya ilmu dan teknologi, semakin banyak cara penngobatan yang semakin cepat.
Masih banyak lagi keuntungan yang dapat diperoleh manusia dengan adanya perkembangan teknologi, tetapi pada dasarnya tiap pengoperasian suatu penemuan baru, tiap inovasi tidak disambut gembira oleh sebagian lapisan masyarakat. Perlu adanya tahapan-tahapan yaitu : tahapan pengenalan, tahapan penyesuaian diri terhadap penemuanbaru, dan situasi baru, ini suatu hukum alam. Tahapan penbaru, dan situasi baru, ini suatu hukum alam. Tahapan penyesuaian atau adaptasi bisa berjalan dengan cepat, bisa juga lambat tegantung masing-masing orang. Jikaakhirnya orang tersebut sudah terbiasa, maka hal yang baru tersebut dikatakan telah memasyaraka atau telah membudaya.
Karena peningkatan usaha pembangunan maka akan terjadi pula peningkatan penggunaan sumberdaya untuk menyokong pembangunan dan timbulnya permasalaha-permasalahan dan linngkungan hidup manusia.
            Dalam pembangunan sumber alam merupakan sumber penting dimana sumberalam ini merupakan kebutuhan azasi bagi kehidupan. Dalam pembangunan sumber daya alam tadi, hendaknya keseimbangan ekosistem tetap terpelihara. Seringkali karena meningkatnya kebutuhan akan hasil proyek pembangunan, keseimbangan ini bisa tergangu, yang kadang-kadang bisa membahayakan hidup umat.
            Proses pembengunan memiliki akibat-akibat yang lebih luas pada lingkungan hidup manusia, baik akibat langsung maupun akibat sampingan seperti pengurangan sumber daya alam secara kuantitatif, pencemaran biologis, pencemaran kimiawi, gangguan fisik dan ganguan social budaya.
            Kerugian-kerugian dan perubahan-perubahan terhadap lingkungan perlu diperhitungkan dengan keuntungan yang diperkirakan akan diperoleh dari suatu obyek pembangunan. Baru setelah disusun pedoman-pedoman kerja yang jelas bagi pelbagai kegiatan pembangunan baik berupa industri maupun bidang lain, yang memperhatikan factor lingkungan hidup manusia.

Sumber: Santoso, Budi, 1999, ilmu lingkungan industri, universitas gunadarma,Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar