Selasa, 17 Juni 2014

Bedah Paper

Pada tulisan kali ini akan mebedah isi dari paper yang berjudul

"ANALISIS PENGARUH PEMASANGAN MINI CAPACITOR BANK TERHADAP KUALITASLISTRIK DI RUMAH TANGGA SERTA PERANCANGAN FILTER AKTIF MENGGUNAKANKONTROLER PI SEBAGAI PELINDUNG KAPASITOR DARI HARMONISA"
oleh Noptin Harpawi



Abstrak
 Untuk mengoptimalkan pemanfaatan daya listrik yang tersedia dari PLN, maka keberadaan daya reaktif harusdibuat seminimal mungkin. Disamping itu penghematan energi merupakan sesuatu yang prioritas di tengah menipisnya persediaan energi listrik saat ini. Mini Capacitor Bank, merupakan suatu alat yang beredar banyak di masyarakat rumahtangga untuk digunakan sebagai alat penghemat listrik dan untuk optimalisasi pemanfaatan daya listrik dari PLN. Dalamtugas akhir ini dilakukan analisis mengenai prinsip kerja dan pengaruh alat ini secara nyata terhadap kualitas listrik (tegangan, arus, power factor, harmonisa, rugi-rugi daya), persentase optimalisasi pemanfaatan daya, pengaruhnya terhadaptagihan listrik bulanan, pengaruhnya terhadap PLN, serta analisis tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan Mini Capacitor Bank (seperti kondisi beban, harmonisa dalam jaringan, lokasi pemasangan).
Dalam tugas akhir ini juga dilakukan perancangan filter aktif menggunakan kontroler PI sebagai pelindungkapasitor dari harmonisa yang disebabkan beban non linier. Ini dilakukan karena ketika kapasitor dipasang di jaringan,maka akan terjadi resonansi (seri dan paralel) antara kapasitor dengan impedansi jaringan pada frekuensi tertentu.Seandainya terjadi harmonisa pada frekuensi resonansi tersebut maka akan terjaditegangan/arus lebih padakapasitor. Simulasi hasil perancangan dilakukan dengan menggunatan
 software POWERSIM 6.0



latar belakang dari pembuatan paper ini adalah
Krisis listrik yang belum teratasi mengharuskankonsumen listrik untuk menghemat penggunaan daya danmengoptimalkan daya listrik yang tersedia. Tindakantersebut mutlak dilaksanakan semua konsumen listrik, tidak terkecuali konsumen rumah tangga. Untuk mewujudkan hal tersebut masyarakat rumahtangga banyak yang menggunakan Kapasitor Bank yang berkapasitas kecil (MiniCapacitor Bank).
Secara teori pemasangan kapasitor akan membantumengoptimalkan penggunaan daya, perbaikan power 
faktor,dapat menstabilkan tegangan, mengurangi arus, danmengurangi rugi-rugi daya, tetapi tidak mempengaruhitagihan bulanan listrik suatu rumah tangga secara signifikan.Karena PLN hanya menghitung pemakaian daya aktif.Dalam hal ini para konsumen listrik rumah tangga seringtertipu oleh iklan yang menyatakan bahwa penggunaan MiniCapacitor Bank dapat menghemat tagihan listrik bulananhingga 40%. Padahal yang berkurang adalah arus yanguntuk pembangkitan daya reaktif dalam jaringan listrik dirumah, sedangkan hitungan KWh di meteran tetap.Dalam tugas akhir ini dilakukan pengukuran secara langsung dan analisiss ehingga diketahui pengaruh pemasangan kapasitor terhadap kualitas listrik di rumahtangga (meliputi
 power factor, tegangan, arus, harmonisa,rugi-rugi daya), persentase optimalisasi pemanfaatan daya, pengaruh terhadap tagihan listrik bulanan, dan pengaruhterhadap jaringan listrik PLN. Selain itu juga akan dianalisa pengaruh kondisi beban, harmonisa dalam jaringan, serta penentuan lokasi pemasangan kapasitor yang tepat dalamnon linier seperti Komputer, TV, AC, UPS, dan alat-alatelektronika daya lainnya terutama yang mengandungkomponen semikonduktor. Jika terdapat harmonisa yangfrekuensinya mendekati atau sama dengan frekuensiresonansi antara kapasitor dengan impedansi jaringan makakapasitor akan rusak. Dalam tugas akhir ini, dilakukan perancangan filter aktif menggunakan kontroler PI sebagai pengaman kapasitor dari harmonisa. Keberadaan filter aktif ini akan mereduksi harmonisa di jaringan sehingga tidak membahayakan kapasitor.

link: http://id.scribd.com/doc/117587058/ITS-Undergraduate-12857-Paper-2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar